[TUTORIAL] Cara membuat gif dengan photoshop CS3

Hai Hai! Kali ini aku bawain tutorial dengan menggunakan PS CS3! Daripada terlalu lama yuk kita simak langkah2nya!

  1. Buka Adobe Photoshop
  2. Untuk membuat GIF anda harus menambahkan window animation pada Photoshop. Caranya klik menu Window -> pilih Animation. Hingga muncul jendela animation seperti ini
  3. Buat file baru.  File -> New.  (Ukuran : 500×500 pixel)iii
  4. Buat desain GIF nya. (Disini aku akan memberi contoh GIF berupa tulisan, Anonymous) [font yang aku pake : Bookman Old Style, Signerica Thin, Marcelle Script, Marcelle Swashes, Forte, Gill Sans Ultra Bold, VNI-Thufap1]ii
  5. Buatlah tulisan Anonymous beberapa layer, tidak sekaligus 1 layer. semisal layer 1 : a, layer 2 : n, dst.
  6. Pada jendela animation duplicate frame yang ada, terserah kalian mau berapa frame, disini aku menduplicate menjadi 8 frame. iahneol1
  7. Setelah itu pada setiap frame munculkan layer yang ingin dimunculkan, pada layer yg tidak ingin dimunculkan kalian bisa melakukannya dengan cara mengklik gambar mata di sebelah kiri layer. Misalnya pada frame 1 aku ingin memunculkan huruf A dan O maka aku membiarkan tanda mata di sebelah kiri layer dari keduanya tetap dan menghilangkan tanda mata di samping layer untuk layer-layer lainnya.iahneoljeobwa1
  8. Setelah itu aturlah waktu tiap frame, caranya dengan mengklik segitiga di bagian bawah frame. iahneoljeobwa3
  9. Di sini saya mengatur setiap frame dengan timing 0,1 second. ahahaha
  10. Setelah selesai tinggal mensave file, caranya : dengan klik FILE-> Save for Web & Devices nomercy
  11. TARA! JADILAH GIF TULISAN ! SIMPLE KAN ^^ anonymousSELAMAT MENCOBA!!!

 

18 responses to “[TUTORIAL] Cara membuat gif dengan photoshop CS3

  1. sudah saya ikutin cara yang anda kasih tau pas save dan di buka ko gak bisa jalan yah tulisan nya ada kesalahan dimana terima kasih .

    • sori balesnya lama, em, kamu bukanya pake software apa? Kalo bisa pake ‘Windows Picture and Fax Viewer’ nanti gambarnya bergerak kok, tapi kalau bukanya pake ‘Microsoft Office Picture Manager’ nanti gambarnya nggak gerak. Terimakasih sudah komentar🙂

  2. aku udah nyoba tapi ko di Windows PSnya ga ada tulisan Animation-nya ya? apa tutor ini ga berlaku buat PS cs6? gomawo kalau mau ngasih tau😀

    • Sori banget baru baca + bales kometar kamu. Kalo buat photoshop CS6 aku kurang tahu loh, soalnya gapernah make yang CS6. Sekali lagi mian /bow/

      • Ah gitu ya ._. Ya deh gapapa lagian aku juga belum terlalu tau sih pake PS yang cs6 mungkin aja tulisannya nyelip/? Wkwk gomawo chingu udah nyempetin bales😀

  3. Annyeong..~

    haha.. sebenernya karena terkena kendala lupa cara ngesave gif ini.. pas disearching.. yah.. ngebantu banget.. lupa-lupa ingat abisnya pas ngebuat gif ini terlalu lama ps nya dianggurin haha..#malahcurhat😀

    Thanks for sharing ..~

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s